Efek Mendengar Musik Tanpa Paham Arti Lirik


Apakah efek mendengar lagu tanpa paham arti lirik lagu tersebut.

Saya akhir-akhir ini sering sekali mendengar lagu korea, jepang dan lagu inggris dimana tentu saja untuk lagu tersebut saya tidak paham artinya terutama lagu korea dan jepang, tapi justru karena mendengar tanpa memikirkan arti liriknya, maka saya justru jauh lebih menikmati lagu tersebut meski sudah diulang-ulang beberapa kali tetap saja gak bosan-bosa.

Apakh mungkin ini efek yang unik?.. Mungkin saja, karena saat kita mendengar musik tanpa kita memahami arti liriknya maka kita justru lebih konsentrasi pada musiknya sementara liriknya dan bahasa tersingkirkan, imbasnya kita justru benar-benar merasakan musik tersebut tanpa gangguan.
Contoh lain dari dampak ini adalah musik dengan video klip dan film dengan subtitle.

Lagu yang dikombinasi dengan video klip memang menjadi keharusan dalam pembuatan lagu jaman sekarang ini, karena bertujuan sebagai katalis agar konsumen musik membeli lagu tersebut. tetapi  video klip kadang membuat lagu menjadi berantakan karena sering sekali makna antara lagu dan videonya berbeda, serta tidak jarang justru video klipnya lebih bagus dibandingkan lagunya.

Sementara film dengan bantuan subtitle tujuannya memang untuk mengurangi kendala bahasa tapi sering sekali penonton justru lebih fokus pada subtitelnya daripada paham isi videonya.Yah, mungkin inilah efek dimana hal yg diutamakan terkadang justru malah tidak terasa.


Tetapi meski begitu, khusus kasus mendengar musik tanpa tahu artinya memiliki sisi bagus juga, selain kita akan benar-benar fokus pada alunan musiknya juga mencegah kita pusing memikirkan arti liriknya. Tapi meski begitu sebaiknya kita harus paham artinya agar kita tidak terjebak lirik lagu yg bersifat porno atau menghina.

Dan sejauh saya membahas tentang kasus ini saya belum menemukan efek berbahaya, jadi boleh-boleh saja lah menurut saya. Sehingga saya katagorikan kasus unik.

Jadi tidak salah dong topik ini termasuk salah satu keunikan. Jadi mari kita menikmati musik tanpa paham artinya... hem
SHARE

Hai

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment