Perbedaan Lagu Korea dan Indonesia





Pernah mencari perbedaan lagu indonesia dan korea, mungkin sudah banyak orang yang membahasnya dan entah seperti apa jawabanya, tapi aku punya jawaban sendiri. Jawabanya adalah...hehe

Pernahkah anda dengar lagu sekelas hymne mengheningkan cipta?... Tentu saja, pasti jika anda orang indonesia pasti pernah kan. Rasakan alunan lagunya (Kaya Kue aja :)). Di dalam lagu-lagu meloe korea juga memiliki rasa hampir mirip seperti lagu hymne mengheningkan cipta negara kita. Sementara kebanyakan lagu Pop Indonesia hanya terasa mewek-cengeng saja dan tidak  menggetarkan hati saat dihayati, sehingga mudah sekali terasa bosan.

Aku gak tahu bagaimana hal seperti itu bisa terjadi, tetapi salah satu sebabnya mungkin karena intonasi pengucapan bahasa indonesia yang memiliki kemiripan dengan bahasa inggris atau jerman yang berintonasi datar, sedikit kasar dan tidak terlalu mengolah lidah. Sedangkan musik korea justru kental dengan adat sehingga lagu dan musik dari korea hampir semua beraliran Ballad atau lembut.

Selain alasan di atas, musik korea entah kenapa selalu terasa kental dengan iringan instrumen piano yang pasti lebih halus dibanding alat musik lain. Sementara musik indonesia lebih terasa arogansinya karena kental dengan instrumen guitar. Memang perbedaan penggunaan alat musik gitar dan piano sebenarnya tidak layak diperdebatkan karena keduanya tetap bisa menghasilkan lagu sedih juga gembira, dan sering juga digunakan secara kombinasi, tetapi tidak dipungkiri bahwa iringan gitar memang lebih dekat dengan musik rock dan kebebasan berekspresi, sementara iringan piano lebih terasa dilevel kehalusan dan keteraturan dimana selalu butuh olahan perasaan lebih, pada saat menggunakanya.

Selain alasan tersebut, mungkin faktor budaya juga berpengaruh cukup besar, seperti misalnya negara korea terkenal dengan kerajaannya yang masih berlangsung sampai sekarang. Berdasarkan data sejarah diketahui bahwa menyanyi dan bermusik sangat erat hubungannya dengan kerajaan, karena dalam acara-acara perkawinan, kenegaraan dan adat-adat kerajaan bisa dipastikan akan menyuguhkan nyanyi-nyanyian dan permainan musik yang khas korea. Dan hal ini bisa dibuktikan bahwa korea erat dan kental dengan budaya bermusik dan bernyanyi karena mereka memiliki penyanyi-penyanyi asli korea yang dikenal Pansori. Meskipun musik di indonesia juga cukup penting dalam sejarah kerajaan indonesia, tetapi lingkup perkembangannya tidak semeratan korea. Mungkin ini layak menjadi alasan.

Nah siap merasakan perbedaanya..Mari kita dengarkan lagi musik jenis-jenis musik yang ada... 0(~,
SHARE

Hai

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment